Minggu, 15 Juli 2012

Apa itu Urban Catalyst?


Urban (perkotaan) merupakan suatu daerah yang padat penduduk dan didominasi oleh lahan terbangun yang didalamnya terdapat aktivitas masyarakat non- pertanian yang dilengkapi dengan fasilitas, infrastruktur, sarana dan prasarana untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat didalamnya. setiap kota mengalami pertumbuhan dengan intensitas yang berbeda- beda satu dengan lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan suatu kota adalah peningkatan jumlah penduduk yang berakibat pada kenaikan kebutuhan ekonomi dan intensitas kegiatan sosial masyarakat. Dengan adanya peningkatan tersebut mengakibatkan pertumbuhan kota cenderung tidak terkelola dengan baik. Untuk itu, perlu adanya konsep desain kota yang harus disesuaikan dengan kecenderungan pertumbuhan penduduk, daya dukung lingkungan dan kecenderungan pertumbuhan suatu kota yang memberikan nilai lebih di masa yang akan datang.
Salah satu desain perancangan kota yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan suatu kota menjadi lebih baik dimasa mendatang yaitu urban catalyst. Dalam istilah kimia, katalis merupakan elemen yang mempercepat proses suatu reaksi, namun ia sendiri tidak ikut bereaksi. Dalam proses kimia, katalis tetap pada akhir reaksi dan tidak hilang. Katalis merupakan elemen yang mendorong dan mengarahkan pada perkembangan berikutnya.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa "urban catalyst merupakan suatu media berupa kebijakan, konsep, pembangunan, bangunan dan lainnya yang dapat mempercepat pertumbuhan kota kawasan perkotaan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang". Urban catalyst pada dasarnya berpedoman bahwa bagaimana suatu kota yang terbengkalai dapat terencana, direncanakan, didesain maupun dirancang menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan penghuninya sehingga dapat memiliki nilai lebih dimasa mendatang atau dengan kata lain merupakan konsep yang bertujuan untuk mengembangkan potensi kawasan dengan menambahkan sesuatu (dapat berupa bangunan, aktivitas maupun kebijakan baru) yang selaras dengan yang ada sebelumnya. Konsep ini sering dikaitkan dengan aspek ekonomi dimana investasi yang ditanamkan nantinya akan menarik investasi selanjutnya.
Gambar 1.1
Proses Urban Catalyst

Visi membangun kota baru yang memiliki kekuatan yang dapat memberikan pengaruh membangun bagi daerah sekitarnya disebut sebagai urban catalyst. Visi tersebut mencoba untuk menciptakan sebuah kota yang lebih bermodel secara fisik, incremental, dan secara ekonomi juga menjadi penggerak kota sekitarnya, sehingga mendorong kota tersebut untuk berdiri secara mandiri. Urban Catalyst juga sebagai investasi untuk menstimulasi perkembangan aktivitas kota dalam segala bidang, baik sosial, ekonomi, dan budaya. Urban Catalyst bukanlah sebuah tujuan akhir, namun merupakan elemen yang mendorong dan mengarahkan pertumbuhan struktur kota pada perkembangan berikutnya.
Urban Catalyst erat hubungannya dengan arsitektur perkotaan, dimana desain arsitektur yang dikembangkan harus bersifat dinamis, humanis, memiliki seni dan efek serta mengikuti perkembangan teknologi. Catalyst meliputi merubah dan memodifikasi kota secara fisik dan mengubah perilaku manusia didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar